LARANGAN   HASAD / DENGKI 

DENGKI ialah salah satu sifat tercela paling tidak disukai oleh Allah. Jika orang dihinggapi sifat dengki, maka ia akan merasa iri dengan kebahagiaan, nikmat atau kesuksesan yang dicapai orang lain. Bahkan, bisa jadi ia nekat berusaha untuk menghilangkan nikmat orang tersebut.

Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menjauhi sifat ini. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda yang artinya:

“Janganlah kalian saling hasad (iri), janganlah kalian saling membenci, janganlah kalian saling membelakangi (saling mendiamkan/ menghajr). Jadilah kalian bersaudara, wahai hamba Allah,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Seorang hamba yang baik ialah dia yang mampu bersyukur menerima ketetapan Allah Ta'ala apa adanya, tanpa harus mengeluh, apalagi iri terhadap nikmat yang diberikan kepada orang lain.

Dalam Alquran terdapat doa yang bisa kita amalkan agar dapat terhindar dari sifat tercela ini. Doa tersebut terdapat dalam Surah Al-Hasyr ayat 10 yaitu:

رَبَّنَااغْفِرْ لَنَا  وَلِإِخْوَانِنَاالَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِوَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Artiya: "Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang," (QS. Al-Hasyr: 10).



Komentar